Tips Dalam Membuat CV

Published: Views: 430 By: F.X. Dimas Prakoso Wicaksono

CV atau resume adalah modal utama kalian dalam melamar pekerjaan. Ini merupakan tiket bagi kalian sebelum maju ke tahap selanjutnya. CV merupakan ringkasan dari pengalaman yang sudah kalian peroleh. Dalam hal ini bisa pengalaman kerja, magang, career history kalian, achievement dan sebagainya. Para perekrut atau biasanya dalam hal ini adalah pihak HRD akan melihat CV dan surat lamaran kalian terlebih dahulu. Maka dari itu persiapkan CV atau resume kalian dengan baik dan memiliki nilai jual. Berikut adalah beberapa tips yang harus kamu perhatikan dalam membuat CV:

Perhatikan Kerapian CV Kalian

Buatlah CV kalian dengan efektif, yang artinya CV kalian mudah dibaca dan tidak bertele-tele. Karena jika CV kalian terlalu panjang dan bertele-tele, akan membuat para rekruter malas melanjutkan membaca CV kalian. Buatlah dengan format yang rapi dan sistematis. Ukuran font, spasi, dan ejaan harus benar-benar kalian perhatikan. Selain itu CV juga harus disusun secara ringkas, CV tidak perlu terdiri dari 10 halaman, CV yang efektif cukup terdiri dari 1 – 2 halaman. Yang penting informasi didalamnya lengkap sehingga pihak rekruter bisa memiliki gambaran tentang kalian.

Isi dari CV Kalian

CV kalian harus memuat data-data yang lengkap dan ringkas tentang diri kalian. Yang wajib dicantumkan adalah:

1. Data Pribadi

Kalian wajib untuk mencantumkan secara lengkap data pribadi kalian supaya pihak perekrut mudah menghubungi kalian. Bagian ini berisi nama lengkap, alamat tempat tinggal, alamat email, nomor telepon/ handphone kalian. Buatlah alamat email dengan nama yang professional, supaya kalian terlihat serius dan professional dimata perekrut.

2. Pendidikan

Disini yang wajib kalian cantumkan adalah pendidikan mulai dari SMU hingga perguruan tinggi, cantumkan secara detail mulai dari nama institusinya, jurusan yang kalian tempuh, kota dan lamanya masa studi kalian. Pendidikan formal wajib kalian cantumkan, selain itu jika kalian pernah menempuh pendidikan non formal seperti kursus ataupun training, bisa juga kalian cantumkan.

3. Career History/Pengalaman Kerja

Kalian wajib mencantumkan pengalaman kerja kalian dimulai dari yang terkini hingga pengalaman kerja pertama kalian. Bagi kalian para fresh graduate bisa mencantumkan pengalaman magang kalian atau bisa dengan menceritakan pengalaman berorganisasi kalian di kampus. Baik pengalaman kerja, magang maupun berorganisasi kalian wajib menuliskan secara detail mulai dari nama perusahaan/ organisasi, posisi kalian dan job description (apa yang kalian kerjaan saat itu). Umunya para perekrut langsung melihat bagian pengalaman kerja saat menerima CV kalian. Maka dari itu buatlah secara detail, efektif dan akurat.

4. Keterampilan

Jika kalian memiliki keterampilan bisa juga kalian cantumkan di CV untuk menambah nilai plus tentang diri kalian.

5. Prestasi/Achievement

Jika kalian memiliki prestasi atau pencapaian dalam hal apapun itu bisa juga kalian cantumkan di CV. Bisa prestasi/ pencapaian ditempat kerja sebelumnya bagi kalian yang sudah berpengalaman atau bisa juga prestasi dikampus dan tempat lain bagi kalian yang fresh graduate.

Demikian tips mengenai CV yang bisa kalian coba, dan wajib selalu diingat bahwa CV adalah modal utama kalian, maka dari itu buatlah semenarik mungkin dan efektif. Serta jangan lupa untuk terus melakukan update CV kalian secara berkala dengan pengalaman dan pencapaian terkini kalian. Selamat mencoba dan sukses selalu J

Give a comment