Tips Bagaimana Menghadapi Hari Pertama Kerja

Published: Views: 378 By: F.X. Dimas Prakoso Wicaksono

Bagi kalian yang baru pertama kali menghadapi hari pertama kerja tentunya kalian akan merasa nervous. Nah, berikut ini adalah tips bagaimana menghadapi hari pertama kerja:

1. Busana Kerja

Persiapkan diri kalian jauh–jauh hari sebelumnya, agar kalian masih ada spare waktu untuk memeriksa kembali “kira-kira apa yang kurang ya?” Dalam hal ini yang perlu kalian persiapkan antara lain pakaian kerja, tentunya kalian harus memilih pakaian kerja yang sesuai, sopan dan pas dibadan kalian. Perhatikan warna pakaian yang sekiranya cocok antara kemeja dan celana. Jika kalian yang memakai seragam (uniform) sebagai pakaian kerja sehari-hari maka bisa disesuaikan sendiri, dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah ukuran pastinya. Jadi intinya adalah apapun nature of business tempat kalian bekerja, usahakan untuk tetap berpakaian formal dan sesuai dengan lingkungan tempat kalian bekerja. Karena dari situ lah first impression rekan kerja kalian berasal. Selain pakaian persiapkan juga aksesoris yang kalian butuhkan dan memang diperlukan. Yang tak kalah pentingnya adalah grooming kalian seperti tatanan rambut untuk kalian baik pria maupun wanita, serta untuk pria pastikan untuk shaving and look clean.

2. Datang Lebih Awal

Hal ini termasuk sangat penting, kalian pastikan untuk tidak datang terlambat, karena jika hal itu terjadi nantinya akaan merusak mood kalian maupun rekan kerja. Selain itu juga image kalian pastinya akan buruk. Tinggal di ibukota seperti Jakarta dengan fenomena kemacetan setiap hari bukan menjadi alas an. Usahakan untuk datang setidaknya setengah atau satu jam sebelum jam kerja dimulai. Dengan demikian kalian bisa mempersiapkan segalanya.

3. Bersosialisasi dan Proaktif

Di hari pertama pastinya kalian sudah harus mengetahui untuk bertemu dengan siapa pertama kali. Misalnya bertemu pihak HRD atau minimal manager kalian. Dari situ umumnya kalian akan diperkenalkan kepada rekan-rekan kerja kalian dan juga area lingkungan kerja. Bersikaplah positif dengan menjadi diri anda sendiri dan bersikaplah ramah. Serap pengetahuan dan pengalaman baru tersebut dengan baik dengan tetap mengikuti peraturan yang diterapkan serta tunjukkan bahwa kalian mampu berperan sebagai team player. Dengan mengenal rekan-rekan kerja kalian lebih jauh tentu sebuah keharusan sebagai team player. Karena hal itu nantinya akan berdampak positif bagi kalian. Contohnya dengan tidak pulang tepat waktu di hari pertama, sisihkan 15 hingga 30 menit, hargai rekan-rekan kerja kalian yang masih berada di kantor untuk menyelesaikan pekerjaan. Sikap melibatkan diri dengan membantu rekan-rekan kalian akan membangun image yang positif bagi kalian. Pahami juga job desc kalian dan bidang usaha tempat kalian bekerja, kalian bisa berdiskusi lebih lanjut baik dengan rekan-rekan kerja kalian maupun manager.

Demikian tips-tips nya semoga bermanfaat dan bisa menjadikan kalian sebagai pribadi yang positif di mata perusahaan dan rekan kerja kalian.

 

Give a comment