Kriteria Menjadi Pemimpin Yang Sukses

Published: Views: 458 By: F.X. Dimas Prakoso Wicaksono

Seorang pemimpin harus dapat menjadi teladan dan patut dihargai. Jiwa kepemimpinan dapat ditumbuhkan dalam diri masing-masing individu. Kepemimpinan bukanlah sesuatu yang diwarisi melainkan merupakan sebuah proses dalam diri seseorang. Setiap orang memiliki potensi untuk menjadi seorang pemimpin, apakah itu pemimpin dalam sebuah keluarga, perusahaan, organisasi hingga sebuah tim olahraga. Maukah anda menjadi seorang pemimpin yang bisa membawa dampak positif bagi diri anda sendiri dan tim yang ada bawa? Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan:

Menjadi Panutan

Seorang pemimpin harus bisa menjadi teladan atau panutan dalam setiap kelompok yang dipimpinnya. Disini anda harus benar-benar menguasai pengetahuan tentang bidang yang anda tekuni. Dari situ anak buah anda akan mengikuti anda kemanapun anda membawanya. Serta bersikaplah professional dalam tim anda, arti profesional disini sangat luas, mulai dari penampilan anda, cara berkomunikasi dan sikap anda terhadap anak buah anda.

Mampu Memberi Motivasi

Hal ini merupakan salah satu hal yang mutlak diperlukan bagi seorang pemimpin. Seorang pemimpin sejati harus mampu memberi motivasi ke timnya, sehingga mereka akan menghormati anda dan akan menjadi lebih bersemangat dalam mencapai target. Anda tidak hanya dianggap sebagai pimpinan mereka saja melainkan juga sebagai teladan mereka.

Visi dan Misi Yang Jelas

Memiliki tujuan dan ekspektasi yang jelas, visi and misi dari sebuah perusahaan maupun dari anda sebagai seorang pemimpin haruslah mudah dipahami oleh anak buah anda. Sampaikan visi dan misi anda secara terarah sehingga anak buah buah anda akan menjadi bersemangat dan satu tujuan yang sama dengan anda. Apa yang anda harapkan dari anak buah anda dapat dapat terwujud nantinya. Dalam hal ini, komunikasi adalah hal yang utama. Bagaimana cara anda mendelegasikan tugas kepada anak buah dan juga bagaimana sikap anda dalam mempekerjakan mereka. Dibutuhkan sikap toleransi anda terhadap mereka.

Menerima Kritik dan Saran

Bersedia menerima saran dan kritikan dari anak buah, setiap individu dalam tim anda harus anda beri kesempatan dan hak untuk menyampaikan saran dan kritik. Karena dari situ akan terbina sebuah hubungan yang positif antara anda dan tim anda. Dengan cara demikian, anak buah anda akan memiliki rasa tanggung jawab dalam pencapaian sebuah tujuan. Selalu berdiskusi dengan anak buah anda sehingga mereka akan benar-benar menyadari keberadaan serta fungsi dan tanggung jawab mereka di tim.

Tunjukkan Apresiasi

Tunjukkan apresiasi anda kepada anak buah, seorang pemimpin harus mampu menunjukan sikap menghargai anak buah. Jika anak buah merasa dirinya diberikan apresiasi oleh atasan maka hal itu akan semakin memberikan rasa percaya diri.

Intinya menjadi seorang pemimpin harus memiliki sikap profesionalisme dan rendah hati. Kita harus mampu memupuk diri kita dan mau belajar dari pengalaman. Demikian tips mengenai kepemimpinan, selamat belajar untuk menjadi pemimpin yang sejati!

Give a comment