Cara Meningkatkan Motivasi Kerja dan Melawan Rasa Malas

Published: Views: 497 By: F.X. Dimas Prakoso Wicaksono

Sudah sangat wajar apabila kita kehilangan semangat atau motivasi dalam bekerja, memang semangat atau motivasi ada kalanya naik turun dan itu merupakan sifat kodrati manusia. Namun, jika hal itu datang kita bisa melawannya dan membangkitkannya lagi. Berbicara mengenai hal ini, memang motivasi memegang peranan dalam hidup kita. Jika seseorang tidak memiliki motivasi dalam hidup itu berarti dia tidak memiliki tujuan dalam hidupnya. Masing-masing manusia memiliki latar belakang yang berbeda dalam mecapai tujuan hidupnya. Misalnya saja ada yang mempersembahkan tujuan hidupnya itu untuk keluarga, Tuhan dan sebagainya. Jika kita bisa memahami makna hidup kita secara positif maka kita tidak akan bermalas-malasan, sebaliknya motivasi itu akan terus muncul dalam diri kita. Yang mempengaruhi hilang dan munculnya sebuah motivasi sebenarnya adalah diri kita sendiri, yang membangkitkannya adalah niatan diri kita sendiri, faktor lain selain diri kita sendiri hanyalah sebagai pemicu atau pendorong diri kita untuk berubah menjadi lebih baik.

Jika motivasi anda bekerja hanya karena uang dan pemenuhan kebutuhan hidup maka sudah dapat dipastikan jika suatu saat anda akan kehilangan motivasi, karena rutinitas tersebut hanya akan terus berlangsung hingga anda jenuh dan bosan. Tetapi, jika anda bekerja karena adanya suatu motivasi yang jelas seperti ibadah, keluarga dan untuk meningkatkan kemampuan diri, pasti semangat itu tidak gampang pudar. Energi yang positif akan terus berada pada diri anda. Anda harus bisa menyadari bahwa sepenuhnya kendali berada pada diri anda, bukan orang lain. Tentukan tujuan hidup atau goal anda, dengan demikian anda akan memiliki target yang jelas. Jika kita positif dalam beripikir dan bersikap, maka otak kita juga akan memiliki sebuah kontrol yang jelas dan akan mengarahkan anda pada pencapaian sebuah tujuan/ goal yang telah anda tetapkan.

Untuk menumbuhkan sebuah motivasi atau semangat dalam bekerja dan hidup, anda perlu faktor pendorong dalam hidup anda. Misalnya dengan banyak membaca baik dari buku maupun sumber-sumber lainnya yang memberikan serta menumbuhkan ajaran-ajaran motivasi dalam hidup, selain itu bisa juga dengan menciptakan pertemanan positif karena dari situ anda akan saling bertukar pikiran dimana tak jarang cerita atau sharing dari orang lain dapat membangkitkan semangat anda. Mengikuti pelatihan atau seminar tentang motivasi bisa anda coba juga. Banyak cara dalam hidup kita sehari-hari yang bisa kita jadikan motivasi, semua tergantung dari cara anda memandang dan menyikapinya. Maka dari itu sikap positiflah yang terpenting.

Tetaplah semangat dalam pencapaian tujuan hidup anda, bangkitlah segera mungkin karena kendali sepenuhnya berada pada diri anda sendiri. Teruslah bekerja dan berdoa dan yakinlah bahwa nada pasti akan berhasil.

 

 

Give a comment