Apakah Karirmu Sudah Tepat?

Published: Views: 384 By: F.X. Dimas Prakoso Wicaksono

Kalian mungkin telah menghabiskan 8 jam sehari waktu kalian untuk bekerja, 5 sampai 6 hari kerja. Dari situ apakah kalian sudah merasa ada yang dihasilkan dari pekerjaan kalian? Dalam hal ini tidak hanya materi saja tetapi kita melihat dari kualitas kehidupan kalian juga. Banyak orang bekerja hanya untuk uang atau jabatan. Tergiur akan besarnya nominal gaji mereka, namun di satu sisi pekerjaan tersebut tdak sesuai dengan hati mereka masing-masing. Akibat nya adalah kerja lebih cepat lelah dan membosankandengan rutinitas. Yang umum terjadi adalah misalnya benci atau mulai panik dengan hari Senin. Apakah hal itu terjadi pada diri kalian? Jika ya, kalian harus segera mengkoreksi diri dan bertanya kepada diri kalian apa tujuan hidup saya dan apa rencana saya di masa depan. Hal itu sangat penting untuk keseimbangan hidup kalian. Beberapa hal berikut ini bisa kalian terapkan dalam hidup kalian:

Karirmu adalah masa depanmu

Dahulu siapa yang memilih bidang studi atau jurusan sewaktu kalian kuliah? Apakah orang tua? Ikut-ikutan teman atau memang murni dari hati dan minat kalian? Itu yang perlu kalian cermati sebelum memilih bidang studi di universitas. Pilihlah yang sesuai passion, jika kalian menerapkan hal itu maka selama kalian menjalankan studi pasti akan terus merasa bersemangat. Kalian juga harus cermati apakah passion saya ini nantinya dapat saya kembangkan dikemudian hari dan bisa menjamin kesejahteraan hidup saya?

Jangan Pernah Menyerah

Terus evaluasi diri kalian secara berkala, hal itu jika terus dilakukan akan sangat besar manfaatnya bagi kalian. Jangan sampai dipertengahan masa studi kalian merasa jenuh. Hal itu sering terjadi di kalangan mahasiswa saat ini, hingga akhirnya mereka memutuskan untuk berpindah jurusan. Selain kerugian materi juga tentunya waktu. Hal ini juga dapat terjadi di pekerjaan, bagi kalian yang sudah bekerja. Pada awalnya kalian memilih pekerjaan tersebut karena beberapa hal misalnya karena keinginan orang tua, tergiur oleh gaji yang ditawarkan, dan yang paling berbahaya adalah pola pikir “yang penting kerja”.  Ingat, sebuah pekerjaan adalah cerminan masa depan kalian, jika kalian bekerja atau kuliah pada jalur dan minat yang salah, itu akan berdampak buruk pada masa depan kalian.

Tidak ada kata terlambat, tekun lah mengevaluasi diri kalian kalian sendiri. Kembangkan dan terus belajar untuk karir kalian. Berkonsultasi kepada konsultan karir atau bisa sharing dengan siapapun yang sudah sukses dalam karir. Jangan pernah takut untuk berubah dan perlu diingingat bahwa perjalanan karir kita dimulai sejak kuliah hingga pension, disitu kalian akan diuji. Berubah kearah yang positif akan membawa keseimbangan hidup kalian.

Give a comment